MAD LAINI, MAD IWADH, HA KINAYAH DAN QALQALAH

TAJWID


MAD LIIN مَدُّ اللِينِ

Mad liin yaitu huruf berharakat fathah (ﹷ) bertemu ya sukun (يْ) atau wau sukun (وْ) , setelahnya huruf ber-harakat yang di-sukun-kan karena waqaf, contohnya :

لِاِيْلٰفِ قُرَيْشٍۙ ١ اٖلٰفِهِمْ رِحْلَةَ الشِّتَاۤءِ وَالصَّيْفِۚ ٢ فَلْيَعْبُدُوْا رَبَّ هٰذَا الْبَيْتِۙ ٣ الَّذِيْٓ اَطْعَمَهُمْ مِّنْ جُوْعٍ ەۙ وَّاٰمَنَهُمْ مِّنْ خَوْفٍ ࣖ ٤ ( قريش/106: 1-4)

Catatan : Huruf ﻋٓ (عَيْن) pada QS. Maryam : 1 & As-syuraa’ : 2 (termasuk mad liin).

Lama bacaannya boleh 1,2,3 alif.
 
MAD ‘IWADH (مَدُّ الْعِوَضِ)

Secara bahasa mad iwadh artinya pengganti sedangkan menurut istilah ilmu tajwid apabila waqad atau diwaqafkan pada huruf yang berharakat fathathain (ﹱ), yang setelahnya ada alif (ا) atau hamzah atau hamza ء berharakat fathahain sebelumnya ada huruf mad, contohnya :

وَّالْجِبَالَ اَوْتَادًاۖ ٧# وَرَاَيْتَ النَّاسَ يَدْخُلُوْنَ فِيْ دِيْنِ اللّٰهِ اَفْوَاجًاۙ ٢# يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوْا رَبَّكُمُ الَّذِيْ خَلَقَكُمْ مِّنْ نَّفْسٍ وَّاحِدَةٍ وَّخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالًا كَثِيْرًا وَّنِسَاۤءً ۚ وَاتَّقُوا اللّٰهَ الَّذِيْ تَسَاۤءَلُوْنَ بِهٖ وَالْاَرْحَامَ ۗ اِنَّ اللّٰهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيْبًا ١

Catatan : Pada huruf Ta marbuthah yang berharakat fathathain (ةً) apabila berada di akhir ayat dan waqaf, maka dibaca Ha sukun tanpa dipanjangkan,huruf ة marbuthah bukan termasuk mad Iwadh.

HA KINAYAH هَاءُ الْكِنَايَةِ
 
HA’ AL KINAYAH هَاءُ الْكِنَايَةِ [1]

Dalam ilmu tajwid yang dimaksud dengan dhamir adalah dhamir mufrad muzakkar, dan ghaib yang berhimpitan dengan kata. Dhamir ini di kinayahkan (diganti) dari dhamir mufrad, muzakkar, dan ghaib maka disebut ha-i kinayah. Sebagian ulama tajwid menamainya dengan mad shilah qashirah, jika terdapat hamzah di hadapannya dinamakan dengan mad shilah thawilah. [2]

Apabila huruf sebelum dhamir itu mutaharrik (berharakah), maka dhamir itu dibaca panjang. Contohnya:

اِنَّهُو* بِهِو *وَلَهُو *

اِنَّ اللّٰهَ وَمَلٰۤىِٕكَتَهُو يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّۗ يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا ( الاحزاب/33: 56-56)

Pengecualian : فَوَاكِهُ – وَجْهُ اَبِيكُمْ – لَمْ يَنْتَهِ – وَمَانَفْقَهُ tidak dibaca panjang karena ha’ (ه) itu bukan dhamir, melainkan merupakan huruf asli. Panjang bacaannya satu alif dua harakat.

TEMPAT DAN TANDA BACA HA’ KINAYAH

Jika ia terletak sesudah huruf berharakat dan sebelum huruf sukun, maka ha’ kinayah ini tidak dipanjangkan contohnya :

يُسَبِّحُ لِلّٰهِ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الْاَرْضِۗ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُۖ وَهُوَ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ ( التغابن/64: 1-1)

Jika terdapat ha’ kinayah sebelumnya berbaris sukun dan sesudahnya berbaris sukun pula maka ia juga tidak dibaca panjang, contohnya :

غَافِرِ الذَّنْۢبِ وَقَابِلِ التَّوْبِ شَدِيدِ الْعِقَابِ ذِى الطَّوْلِۗ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ ۗاِلَيْهِ الْمَصِيرُ ( غافر/40: 3-3)

Jika terletak diantara dua huruf yang berharakat maka ia dibaca panjang, contoh :

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِيْ لَهُو مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الْاَرْضِ وَلَهُ الْحَمْدُ فِى الْاٰخِرَةِۗ وَهُوَ الْحَكِيمُ الْخَبِيرُ ( سبأ/34: 1-1)

Terletak setelah huruf sukun dan sebelum huruf berbaris maka ia dibaca tidak panjang, contohnya :
ذٰلِكَ الْكِتٰبُ لَا رَيْبَ ۛ فِيْهِ ۛ هُدًى لِّلْمُتَّقِيْنَۙ ( البقرة/2: 2-2)

Kecuali pada bacaan surah al-furqan ayat 69, ayatnya yaitu :

يُّضٰعَفْ لَهُ الْعَذَابُ يَوْمَ الْقِيٰمَةِ وَيَخْلُدْ فِيْهۦ مُهَانًا ۙ ( الفرقان/25: 69-69)


CATATAN TENTANG HA’ KINAYAH

Ha Kinayah ini sebagaimana telah dijelaskan hanya berlaku pada saat ia dipertengahan bacaan bukan saat waqaf (berhenti) atau diwaqafkan (diberhentikan), apabila terdapat pada waqaf atau diwaqafkan maka ia tidak dibaca panjang.

Jika ia terdapat hamzah di hadapannya maka ia dibaca panjang 2 sampai 2 ½ harkat seperti panjangnya mad jaiz munfashil ulama tajwid menamainya dengan mad shilah thawilah atau mad shilah kubra. Contohnya :

فَيَوْمَىِٕذٍ لَّا يُعَذِّبُ عَذَابَهُٓۥأَحَدٌ ۙ ( الفجر/89: 25-25)

Pengecualian dibaca tidak panjang laiinya adalah pada surah az-zumar ayat 7 yaitu :

اِنْ تَكْفُرُوْا فَاِنَّ اللّٰهَ غَنِيٌّ عَنْكُمْ ۗوَلَا يَرْضٰى لِعِبَادِهِ الْكُفْرَۚ وَاِنْ تَشْكُرُوْا يَرْضَهُ لَكُمْۗ وَلَا تَزِرُ وَازِرَةٌ وِّزْرَ اُخْرٰىۗ ثُمَّ اِلٰى رَبِّكُمْ مَّرْجِعُكُمْ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُوْنَۗ اِنَّهٗ عَلِيْمٌ ۢبِذَاتِ الصُّدُوْرِ ( الزمر/39: 7-7)

Begitu pula dalam surah al-‘Alaq ayat 15

كَلَّا لَىِٕنْ لَّمْ يَنْتَهِ ەۙ لَنَسْفَعًاۢ بِالنَّاصِيَةِۙ ( العلق/96: 15-15)
QALQALAH

Qalqalah menurut arti bahasa berarti menggerakkan dan getar sedangkan menurut arti istilah adalah menggoncangkan makhraj sehingga terdengar pantulan suara yang lebih kuat.

Huruf qalqalah ada 5, yaitu: ق – ط – ب – ج - د .

Qalqalah adalah bacaan yang dibaca memantul, jika terdapat huruf yang lime tersebut ditengah ayat maka ia bertanda sukun diatasnya, jika waqaf diakhir ayat atau diwaqafkan maka ia juga dibaca memantul[3]

Contoh bacaannya :


يَدْخُلونَ – أَحَدٌ - بِلْحَقِّ
Qalqalah terbagi 2 Yaitu :

1. Qalqalah Kubra yaitu Qalqalah yang terdapat pada akhir ayat atau di waqafkan

2. Qalqalah Sughra terdapat di pertengahan ayat




[1] al-Mulakkhas al-Mufĭd fĭ ‘ilmi al-Tajwid, Muhammad Ahmad Ma’bad,. (Madinah Al-Munawarah : Daarussalam. 1400 H/1980 M) hal.63

[2] Tajwid Al-Qur anul Karim, Ismail Tekan, (PT. Pustaka Al-Husna Baru. 2005) Cet. XVI, hal. 115-117

[3] Tajwid Qarabasy,Team United Islaic Cultural Centre of Indonesia, (www.uicci.org, rawangan jakarta timur ) hal. 37

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ASBABUL WURUD TANGAN DI ATAS DAN TANGAN DI BAWAH

MAD