Postingan

JUMLAH KATA SHALAT DALAM AL-QUR AN

Gambar
sumber :  https://muslimah.or.id الحمد لله رب العالمين و الصلاة و السلام على نبينا محمد وعلى أله وصحبه أجمعين Dinamakan shalat الصلاة karena didalamnya maknanya adalah doa, juga dinamakan dengan shalat karena didalamnya juga ada ruku' dan sujud yang dilakukan. Sebagaimana dikutib dalam https://www.islamweb.net bahwa  jumlah shalat yang disebutkan dalam al-Qur an itu adalah 100 tempat, 85 diantaranya disebutkan dalam bentuk kata isim contohnya :  الذين يؤمنون بالغيب ويقيمون الصلاة ( البقرة:3) Dan 15 diatranya disebutkan dalam bentuk kata kerja (fi'il)   فلا صدق ولا صلى (القيامة) lafalzh shalat memeliki beberapa makna, diantaranya : Shalat dengan makna Shalat Wajib diantaranya firman Allah Subhanahu wata'ala (البقرة:43) وأقيموا الصلاة   (dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat) bentuk kata shalat dalam al-Qur an dalam lafal ini biasa di iringi dengan perintah zakat. Shalat dengan makna pujian  Diantaranya firman Allah subhanahu wata'ala   هو الذي يصلي ...

Tafsir Surah Fussilat ayat 33-38

MENATA HATI: Tafsir Surah Fussilat ayat 33-38 : 33.   Siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeru kepadaT Allah, mengerjakan kebajikan, dan berkata, “Sesungguhnya aku ...

MAD

1.Pengertian Mad Menurut bahasa arti mad adalah memanjangkan atau -menambah- kan sedangkan menurut istilah tajwid, mad adalah memanjangkan suara dengan salah satu huruf mad atau huruf liin.  Mad terbagi dua : 1. Mad Ashli atau Mad Thabi’i  2. Mad Far’i 1). Mad Ashli ( المد أَصْلِي) / Mad thabi’i Mad ashli adalah adanya huruf mad ي,و,ا yang dibaca panjang oleh sebab huruf tersebut dan tidak ada dihadapannya tanda sukun atau hamzah. Mad ashli/Thabi’i ada 3 Tanda : a. Baris kasrah ﹻ bertemu dengan ي sukun , contohnya :        وَلَسَوْفَ يُعْطِيكَ رَبُّكَ فَتَرْضٰىۗ ( الضحى/93: 55) b. Baris  ﹹ bertemu dengan و sukun, contohnya :      ( وَلَلْاٰخِرَةُ خَيْرٌ لَّكَ مِنَ الْاُولٰىۗ  (الضحى/93: 4 c. Baris fathah ﹷ bertemu dengan ا sukun, contohnya :     مَا وَدَّعَكَ رَبُّكَ وَمَا قَلٰىۗ ٣  ( الضحى/93: 3) Lama bacaannya satu alif dua harkat atau dua ketukan. Contoh kesemuanya terkumpul dalam kalimat نُوْحِيْهَا 2). Mad...

ASBABUL WURUD TANGAN DI ATAS DAN TANGAN DI BAWAH

Gambar
BAB I PENDAHULUAN             I slam telah mengajarkan seorang mukmin agar selalu bersikap pertengahan dalam hal ibadah dan muamalah, semuanya dilandaskan niat untuk mencapai keridhaan Allah, karena hakikat diciptakan manusia tidak lain adalah hanya menyembah kepada-Nya. Hadits Rasulullah sebagai penjelas ayat-ayat dalam Al-qur’an telah membuka cakrawala pemikiran ulama umara dan cendikiawan muslim hingga mencapai hal yang terkecil pun didalam islam telah ada hukum-hukum dan adab-adabnya, termasuk kedalam kemuliaan manusia itu sendiri, seperti seorang meminta dan seorang pemberi, baik berupa materi ataupun non materi.   Karena memberi dan menerima adalah dua sisi yang tidak terpisahkan dalam kehidupan manusia, maka perlu adanya pembahasan lebih khusus mengenai hal ini, dalam konteks apakah memberi dan menerima diperbolehkan dan bagaiamana pula larangannya? Maka berangkat dari permasalahan ini, pemakalah mencoba membahas masalah in...

Download RPP Surah Al-Bayyinah (KMA 183) kelas 5

Lirik Nasyid Huruf-Huruf Hijayyah.

Lirik nasyid HuruF Hijayyah bahasa Arab  Ada satu postingan ni... untuk para guru-guru TPA-TPQ dan TKA yang ada  Indonesia, satu lirik nasyid yang ana rasa bermanfaat bagi ustadz dan ustazahnya untuk di ajarkan kepada santri.... semoga bermanfaat ا َ لِفٌ أَرْنَبْ يَجْرِيْ يَلْعَبْ يَأْكُلُ جَزَرًا كَيْ لَا يَتْعَبْ باَءٌ بَطَّة نَطَّتْ نَطَّة وَقَعَتْ ضَحَكَتْ مِنْهَا الْقِطَّة   تاَءٌ تاَجْ فَوْقَ الرَّاسْ فِيْهِ الذَّهَبْ وَفِيْهِ الْمَاسْ ثَاءٌ ثَعْلَبْ صَادَ دَجَاجَة هُوَ مَاكِر وَقَتَ الْحَاجَة جِيْمٌ جَمَلٌ فِي الصَّحْرَاءْ مِثْلَ سَفِيْنَة فَوْقَ الْمَاء حاَءٌ حَجٌّ أَسْمَى رَغْبَة فِيْهِ طَوَافٌ حَوْلَ الْكَعْبَة خَاءٌ خُبْزٌ عِنْدَ الْبَائِعْ لَا يَأْكُلُهُ إِلَّا الْجَائِعْ دَالُ دِيْك حَسَنُ الصَّوْت قَامَ يُؤَذِّنُ فَوْقَ الْبَيْت   ذَالٌ ذِئْبٌ وَحْشٌ صَلْبٌ لَا يُرْهِبُهُ إِلاَّ الْكَلْب رَاءٌ رَجُلٌ عَرَفَ الدِّيْنَ فَهُوَ صَدُوْقٌ وَهُوَ أَمِيْن زَيُنْ زَهْرَة أَصْفَرُ أَحْمَرُ هِيَ بِعَيْنِي أَحْلَى مَنْظَر سِيْنٌ سَاعَة تَحْف...